“Workshop Instalasi dan Optimalisasi Google Analytics Website di Lingkungan Universitas Tidar”

“Workshop Instalasi dan Optimalisasi Google Analytics Website di Lingkungan Universitas Tidar”

Pada hari Senin, 13 November 2023, bertempat di Hotel Artos Magelang telah dilaksanakan kegiatan “Workshop Instalasi dan Optimalisasi Google Analytics Website di Lingkungan Universitas Tidar”

Acara yang diselenggarakan oleh UPA TIK Universitas Tidar ini diikuti oleh 29 perwakilan peserta dari masing-masing Unit, Lembaga, Fakultas dan SPI di Lingkungan Universitas Tidar.

Acara dibuka oleh Kepala UPA TIK Agung Trihasto, S.T., MEng. dan dilanjutkan pemberian arahan oleh Kepala Biro Perencanaan, Keuangan, dan Umum Among Wiwoho, M.M..

Penyampaian materi di sampaikan oleh Praktisi dari bidang Google Analytics Rudi Kurniawan, kegiatan workshop ini dibagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama adalah pembuatan akun google analytics menggunakan email masing-masing Unit, Lembaga, Fakultas dan SPI, sesi kedua dilanjutkan dengan materi cara pembacaan laporan pada Google Analytics.

Secara garis besar Google Analytics merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh Google secara gratis pada tahun 2006 silam. GA menjadi salah satu layanan terbesar yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan report dalam bentuk data metrics.

GA dapat digunakan untuk mengetahui pertumbuhan followers, pertambahan visitor website, atau jumlah readers dalam sebuah blog ataupun social networks yang terhubung dengan Google. Sebagai contoh, Google Analytics dapat digunakan atau disambungkan dengan Website Instansi, Google Adwords, Blogger ataupun YouTube dll.